Rabu, 21 Januari 2009

Sesuaikan Olahraga Bagi Lansia

Sesuaikan Olahraga Bagi Lansia

Aktivitas berolahraga dibutuhkan untuk semua umur. Namun banyak orang yang menginjak usia lanjut kerap menghindari dengan alasan terlalu berat bagi kondisi tubuh yang tidak lagi bugar seperti saat muda.
Padahal jika Anda memilih dengan tepat dan menyesuaikan dengan kemampuan Anda, berolahraga justru dapat meningkatkan stamina.

Bagi anda yang sudah menginjak usia lanjut, International Council on Active Aging (ICAA) memberikan beberapa tips bagi untuk memulai dan tetap bersemangat ketika berolahraga, antara lain:
•Lakukan check-up. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai semua hal yang harus diperhatikan untuk memulai dan buatlah modifikasi gerakan atau jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi.
•Ketahui pilihan Anda. Sebelum memulai, pilihlah program yang sekiranya anda dapat menikmatinya, agar Anda dapat melakukannya dengan teratur. Banyak orang, misalnya pergi ke pusat kebugaran agar lebih terstruktur, sementara ada juga yang lebih memilih kegiatan yang lebih fleskibel seperti klub gerak jalan. Perikasalah fasilitas dan staffnya. Apakah tempatnya cukup nyaman? Pastikan, apakah anda dapat berganti pakaian di ruangan yang nyaman? apakah fasilitas yang ada dapat digunakan dengan mudah?
•Tentukan jenis keikutsertaan anda. Pilihlah mana yang terbaik untuk anda, bergabung dengan grup atau sendiri? Pagi atau malam hari? Olahraga di dalam atau luar ruangan?
•Mulailah perlahan-lahan. Kebanyakan orang terlalu bersemangat dan melakukannya dengan berlebihan. Catat grafik aktifitas rutin anda dan tentukan jadwal.
•Buatlah janji. Cari teman untuk anda ajak berolahraga dan tentunya sebagai motivasi melakukannya secara teratur.
•Susun rencana jangka panjang dan pendek yang spesifik. Rancang agenda aktifitas anda dan buatlah itu sebagai prioritas.
•Buat daftar. Coba buat hal-hal yang dapat memberi keuntungan bagi anda yang dapat dikontrol. Cari cara untuk meringankan stres dan depresi, membangun tulang yang kuat dan meningkatkan kekuatan, dan kualitas tidur yang baik. Ingatkan diri akan tujuan Anda semula.
•Jika berat dan menyakitkan, jangan dilakukan. Cobalah untuk menghadapinya, bukan melewatinya. Sekali anda berhasil meraih tujuan anda, berilah penghargaan pada tubuh Anda, sehingga Anda akan tergugah dan akan meneruskannya. (healthday/cr1/ri)

By Republika Newsroom
Kamis, 22 Januari 2009 pukul 14:22:00
http://www.republika.co.id/berita/27509.html

Tidak ada komentar: